9 AI untuk Review Jurnal Ilmiah, Mudahkan Buat Ringkasan

Pixabay/photos


9 AI untuk Review Jurnal Ilmiah, Mudahkan Buat Ringkasan - Saat ini akses terhadap informasi ilmiah yang akurat dan terkini menjadi kunci keberhasilan bagi peneliti, editor, akademisi dan yang lain. Proses mereview jurnal secara manual seringkali memakan waktu yang lama dan menguras tenaga, terutama bagi mahasiswa yang dihadapkan pada berbagai tugas mata kuliah. Untungnya, kemajuan teknologi telah membawa perubahan signifikan dengan hadirnya aplikasi review jurnal berbasis kecerdasan buatan (AI).

Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya mempercepat proses penelaahan literatur, tetapi juga meningkatkan ketepatan analisis dengan kemampuan mereka untuk mengidentifikasi tren, menganalisis kutipan, dan menyintesis hasil riset secara efektif. Berikut ini alat berbasis AI yang dapat membantu mereview jurnal dengan cepat dan mudah.

1. Scispace

Scispace merupakan AI yang dapat menemukan dan mereview artikel ilmiah dengan pencarian yang berdasarkan topik atau kata kunci lainnya. Scispace dapat digunakan untuk mencari artikel terbaik secara detail. Selain itu dapat digunakan untuk mencari beberapa artikel sekaligus yang sejenis dan mereview artikel-artikel tersebut berdasarkan pertanyaan yang kita tulis.

2. Scisummary
Scisummary alat berbasis AI yang dapat digunakan untuk membantu mendapatkan ringkasan jurnal dengan cepat. Caranya tinggal salin dan tempel teks atau bisa upload file yang tersimpan di folder. Hebatnya lagi AI Scisummary ini dapat membagikan hasilnya lewat email.

3. Genei
Genei dapat digunakan untuk review jurnal yang akan memberikan hasil summary dengan cepat. AI ini juga mampu memberikan highlight jurnal yang dibaca sehingga bisa dengan cepat memahami isi atau kesimpulan jurnal.

4. Scholarcy


Scholarcy ini dapat menyediakan rangkuman atau ringkasan berupa poin-poin yang memudahkan membuat artikel ilmiah. AI ini dapat memberikan informasi yang ada di jurnal seperti metodologi, hasil, pembahasan, kesimpulan, dan lain-lain.

9 AI untuk Review Jurnal Ilmiah, Mudahkan Buat Ringkasan


5. Iris

Iris AI memungkinkan pengguna  mengunggah artikel, makalah, atau pertanyaan mereka sendiri, lalu memberikan ringkasan, peta konsep, referensi terkait, dan wawasan topik yang sedang dipelajari. Iris AI juga dapat membantu pengguna menemukan penelitian terbaru, tren, dan hubungan antar topik dalam literatur atau artikel ilmiah. Secara keseluruhan, Iris AI bertujuan untuk mengurangi hambatan dalam mengakses dan memahami informasi ilmiah, sehingga memungkinkan para peneliti dan pakar untuk  mengeksplorasi dan berkontribusi secara lebih efektif pada bidang-bidang yang relevan.

6. Resoomer
Untuk mencari infromasi di Resoomer kita bisa copy tulisan di jurnal dan paste di Resoomer. Selain itu bisa juga upload file PDF bahkan bisa menyematkan URL saja. Yang berbeda dengan AI yang lain adalah tidak ada batasan teks atau karakter. (Baca juga : 4 AI Untuk Mencari Jurnal Referensi Tugas Akhir)

7. SummarizeBot
SummarizeBot dapat merangkum atau memberikan informasi dari tautan, dokumen, gambar yang kita upload. AI ini nantinya akan menampilkan hasil dengan ringkas dan mudah dipahami. Dari AI ini kita dapat mengambil kata kunci yang digunakan di jurnal.

8. Rayyan
Rayyan adalah alat AI berbasis web yang dirancang untuk membantu peneliti dalam literatur review dengan cepat. Tampilan mirip seperti Publish or Perrish setelah mencari dengan kata kunci akan muncul beberapa file jurnal. Dari jurnal-jurnal tadi kita bisa meminta ulasan atau reviewnya.

9. Research Rabbit

Research Rabbit merupakan AI yang terintegrasi dengan Zotero. Banyak sekali ulasan positif di berbagai platform media sosial tentang kelebihan menggunakan AI ini, sehingga AI ini layak untuk dijadikan alternatif review jurnal. 9 AI untuk Review Jurnal Ilmiah, Mudahkan Buat Ringkasan




Posting Komentar untuk "9 AI untuk Review Jurnal Ilmiah, Mudahkan Buat Ringkasan"