Pseudomonas



Pseudomonas merupakan bakteri batang gram negatif bersifat patogen oportunistik. Bakteri ini menghasilkan beberapa eksotoksin dan endotoksin. P.aeruginosa termasuk bakteri obligat aerob, membentuk koloni bulat halus dengan warna hijau berfluoresensi karena menghasilkan pigmen pioverdin. Selain itu juga menghasilkan pigmen piosianin yang memberikan warna kebiruan pada media yang tidak berfluoresensi. Juga mennghasilkan pigmen piomelanin yang berwarna hitam dan pigmen piorubin berwarna merah gelap.

Sifat Pertumbuhan dan Struktur Antigen
P.aeruginosa yang bersifat oksidase positif dan tidak memfermentasi karbohidrat ini dapat tumbuh pada suhu 37-42C. Bakteri ini mempunyai pili (fimbria) yang membantu perlekatan pada sel epitel inang. Pada lipopolisakarida terdapat toksin yang disebut endotoksin. Bakteri mempunyai kemampuan membentuk biofilm dan menjadi salah satu penyebab infeksi nosokomial.

Gejala Klinis
Menyebabkan infeksi pada luka (menimbulkan warna hijau kebiruan), meningitis dan infeksi saluran kemih (masuk melalui kateter).

Diagnosis Laboratorium
Spesimen
Spesimen dapat berasal dari lesi kulit, pus, darah, urine, sputum, cairan spinal.

Apusan Gram
Pada pewarnaan gram ditemukan bakteri batang gram negatif.

Kultur
Pseudomonas tidak memfermentasi laktosa dapat dikultur pada medium agar darah dan medium lainnya seperti Pseudomonas Selektif Agar (PSA).


Daftar Pustaka

Jawetz, Melnick; Adelberg. 2013. Mikrobiologi Kedokteran. Edisi 25. Jakarta: Salemba Medika.

Tortora, G. J., Funke, B.R and Case, C.L. 2019. Microbiology an Introduction. 13th edition. Pearson edition, Inc. USA

Posting Komentar untuk "Pseudomonas"