Jenis-jenis Plastik Berdasarkan Tanda yang Tertera pada Kemasan

Tanda-tanda plastik tersebut adalah:

JENIS KE 1:

Biasanya tertera logo daur ulang dengan angka 1 di tengah terdapat tulisan PETE atau PET (polyethylene terephthalate). Banyak dijumpai pada botol plastik, botol transparan pada air mineral dan botol minuman lainnya. Botol ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Botol ini dapat melepaska zat karsinogenik apabila sering digunakan atau terkena panas yang berbahaya bagi tubuh.

JENIS KE 2:

Jenis yang kedua adalah HDPE umumnya digunakan pada tupperware, botol susu, galon dan lain-lain. Jenis plastik ini ama untuk digunakan karena kemampuan mencegah terjadinya reaksi kimia.


JENIS KE 3:

Jenis yang ketiga adalah plastik dengan tanda V yang berarti PVC (polyvinyl chloride).
Dapat ditemukan pada plastik pembungkus.



JENIS KE 4:

Jenis plastik selanjutnya adalah LDPE (low density polyethylene) yang digunakan pada plastik kemasan, tempat makanan dan lain-lain. Plastik jenis ini direkomendasikan untuk tempat makanan.


JENIS KE 5:

Jenis kelima adalah plastik PP. Jenis ini mempunyai keunggulan tahan terhadap lemak dan stabil pada suhu tinggi. Plastik ini direkomendasikan untuk menyimpan makanan, tempat minum bayi. Produk ini aman digunakan untuk kemasan makanan.


JENIS KE 6:

Jenis keenam adalah plastik dengan tulisan PP. Umumnya terdapat pada styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan sejenisnya. Plastik jenis ini sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan kerusakan syaraf, otak dan gangguan reproduksi.


JENIS KE 7:

Jenis yang ketujuh yaitu plastik dengan tulisan OTHER. Ada 4 jenis pada produk ini yaitu PC, SAN, ABS dan Nylon. Terdapat pada plastik kemasan, tempat minum olahraga. PC tidak dianjurkan untuk digunakan karena dapat mengeluarkan Bisphenol A yang dapat menyebabkan kerusakan hormon. SAN dan ABS adalah plastik terbaik yang dapat digunakan untuk kemasan makanan.

Gunakanlah plastik dengan kode 4, 5 dan 7 (SAN/ABS), hindari menggunakan plastik dengan kode 1, 3, 6 dan 7 (PC) berulangkali.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Plastik Berdasarkan Tanda yang Tertera pada Kemasan"