Buat Diagram Batang dan Lingkaran di Microsoft Word


Diagram batang dan lingkaran digunakan menyajikan data statistik dalam bentuk dua atau tiga dimensi dengan tujuan agar memperjelas dua atau lebih variabel terkait. Untuk membuat diagram batang dan lingkaran di Microsoft Word maka harus tersedia minimal dua variabel yang saling berhubungan. 
Berikut contoh tabel yang akan disajikan menjadi diagram batang dan lingkaran.


Data pada tabel tersebut menggambarkan tentang jumlah pengunjung di suatu tempat peniagaan selama lima tahun dengan jumlah pengunjung yang bervariasi. Dari data tersebut akan dibuat diagram batang dan diagram lingkaran menggunakan Microsoft Word.

CARA MEMBUAT DIAGRAM BATANG

1. Buka aplikasi Microsoft Word
2. Klik Insert lalu Chart


3. Muncul jendela Insert Chart. Untuk membuat diagram batang dapat dipilih Column, kemudian pilih model atau tipenya pada sisi sebelah kanan, klik OK

4. Berikutnya akan muncul diagram batang dan jendela berisi data default. Pada tabel Excel ini dapat diisi dengan data yang diinginkan.

5. Selanjutnya data pada tabel di Excel ini kita ganti dengan data kita. Kolom kiri diisi tahun, kolom kanan diisi dengan data jumlah pengunjung, sedangkan kolom lain yang tidak diperlukan dapat dihapus dengan cara blok pada kolom C dan D lalu klik kanan kemudian klik Delete.


6. Setelah kolom terhapus maka akan menjadi diagram batang seperti gambar di bawah. Selanjutnya close jendela Excel yang berisi tabel data jumlah pengunjung.



7. Kita bisa melakukan pengeditan pada diagram batang. Untuk mengganti judul klik sekali pada judul yang masih bertuliskan "series", ganti dengan judul yang dikehendaki.

8. Untuk membuat diagram lingkaran caranya sama, klik Insert-Chart-Pie-OK. Selanjutnya akan muncul diagram lingkaran pada lembar kerja Ms. Word.


9. Selanjutnya akan muncul diagram lingkaran dan jendela default Excel yang dapat diisi dengan data yang diinginkan. Untuk menampilkan data (angka) pada diagram lingkaran dapat diklik pada icon plus (+) lalu centang Data Labels.


Demikian tutorial membuat diagram batang dan lingkaran di Microsoft Word. Agar lebih jelas dapat dilihat pada video berikut.


Posting Komentar untuk "Buat Diagram Batang dan Lingkaran di Microsoft Word"