Infeksi Nosokomial





Infeksi nosokomial merupakan infeksi yang diperoleh ketika berada atau menjalani perawatan di rumah sakit. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi nosokomial atau jenis infeksi nosokomial diantaranya: pneumonia, infeksi saluran kemih (ISK), infeksi aliran darah primer (IADP), dan infeksi luka operasi. Faktor resiko diantaranya: lanjut usia, antibodi turun, lama perawatan di rumah sakit, kepadatan di rumah sakit, dan prosedur tindakan operasi.

Gejala Infeksi Nosokomial

Beberapa gejala klinis yang sering terjadi diantaranya:
Demam
Sakit kepala
Ruam di kulit
Tubuh terasa lemas
Mual
Sesak nafas

Penyebab Infeksi Nosokomial

Infeksi nosokomial dapat disebabkan karena bakteri yang berada di lingkungan ataupun alat-alat rumah sakit. Bakteri yang umum dijumpai pada infeksi nosokomial ini adalah Staphylococcus aureus dan Pseudomonas. Peralatan rumah sakit yang sering menjadi penyebab infeksi nosokomial adalah kateter, endoskopi dan ventilator (alat bantu pernafasan).

Diagnosis Infeksi Nosokomial

Diagnosis dilakukan dengan cara anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah tes darah, tes urine, kultur darah/ dahak/ cairan luka operasi untuk dikultur pada medium selektif untuk mengetahui pertumbuhan mikroba terutama bakteri dan jamur serta pemindaian CT scan atau rontgen.


Posting Komentar untuk "Infeksi Nosokomial"